template banner

Bea Cukai Semarang dan Perusahaan Penerima Fasilitas Berikat Samakan Perspektif dalam Pendayagunaan IT Inventory

Semarang (31/10) – Periode masa pembinaan dan penegakan IT Inventory di kawasan berikat semakin mendekati akhir jangka waktunya, oleh karena itu Bea Cukai Semarang terus melakukan kunjungan kepada beberapa perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat agar perusahaan mendapatkan sudut pandang yang sama dengan apa yang dimaksud dalam peraturan sehingga dapat mengimplementasikan teknologi dan informasi dengan benar dalam menjalankan proses bisnisnya.

Kasubsi Hanggar Pabean dan Cukai XXII Kristanto yang menjadi pemateri dalam kunjungan yang dilakukan pada hari itu menjelaskan dengan jelas bagaimana implementasi dari peraturan mengenai IT-Inventory ini. Sering dijumpai pada beberapa perusahaan yang menerima fasilitas kawasan berikat masih salah dalam mendayagunakan IT Inventory. Kesalahan tersebut terkadang terdapat pada bagaimana system akuntansi maupun persediaan yang dilakukan dalam perusahaan. Sudut pandang yang terkadang sudah dianggap benar oleh perusahaan masih kurang sesuai dengan apa yang dimaksud dalam peraturan. Begitu juga dengan apa yang dimaksud dengan integrase dalam proses pembukuan perusahaan. Seringkali tidak ada keterkaitan antara yang ditampilkan dalam tujuh laporan dengan apa yang terdapat dalam system persediaan.

Kristanto menjelaskan tentang bagaimana yang dimaksud dengan integrasi dalam pendayagunaan IT Inventory di depan staff expor impor, gudang dan juga bagian akuntansi. Satu yang menjadi catatan Kristanto dalam presentasi tersebut adalah penggunaan satuan barang yang digunakan dalam pencatatan, agar saldo barang sesuai dengan riilnya harus digunakan satuan yang lebih spesifik. Karena apabila dilakukan konversi dalam melakukan pencatatan didapati selisih dalam jumlah saldonya.

Dengan diadakannya kunjungan ini diharapkan perusahaan yang menerima fasilitas Kawasan Berikat dapat segera membenahi apa yang kurang dalam pendayagunaan IT Inventory perusahaannya.

Bea Cukai Makin Baik

Bea Cukai Semarang Lebih Fokus Lebih Baik

Tinggalkan Balasan