IMG_9824

Bea Cukai Semarang Ikuti Apel Khusus Peringatan Hari Bea dan Cukai Ke-73

Semarang (2/10) – Bertempat di lapangan parkir Bea Cukai Tanjung Emas dan Bea Cukai Semarang, seluruh pejabat dan pegawai Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Emas dan KPPBC TMP A Semarang mengikuti Apel Khusus Peringatan Hari Bea dan Cukai ke-73.
Parjiya, Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, selaku Pembina Apel menyampaikan amanat Menteri Keuangan Sri Mulyani pada peringatan Hari Bea dan Cukai yang jatuh pada tanggal 1 Oktober. Mengusung tema “Menuju Insan yang Cakap, Sehat, dan Berintegritas untuk Bea Cukai yang Makin Baik” Insan Bea Cukai diharuskan menjadi insan yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan pekerjaan yang menantang, penuh risiko, serta medan yang berat. Hal-hal tersebut merupakan karakteristik pekerjaan Bea Cukai.
Menilik ke belakang, fungsi Bea Cukai yang pada awal pembentukannya menitikberatkan pada fungsi pemungutan penerimaan negara dari sektor perpajakan, kini telah bertransformasi mengikuti perubahan zaman menjadi institusi yang memiliki fungsi lebih luas. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa Bea Cukai sejak awal pendiriannya telah akrab dengan perubahan dan tidak takut untuk berubah.
Pada amanatnya, Menteri Keuangan juga menyampaikan bahwa Bea Cukai merupakan bagian penting negeri ini untuk mendorong kebijakan strategis nasional di bidang perekonomian serta keamanan perbatasan. Semangat dan sikap kreatif dan inovatif menjadi pendorong Bea Cukai untuk terus berkontribusi terhadap isu-isu kebijakan strategis nasional seperti Kebijakan kemudahan perizinan berusaha, Pengamanan Sumber Daya Alam, Pengelolaan Perdagangan Digital Lintas Negara (e-commerce), dan Pengembangan National Logistic Ecosystem.
Seiring dengan bertambahnya umur institusi ini, diharapkan dapat melaksanakan tugas dan amanah seluruh rakyat Indonesia dalam upaya menjalankan roda pembangunan menuju bangsa dan negara yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

Bea Cukai Makin Baik.
Bea Cukai Semarang, Lebih Fokus Lebih Baik.

Tinggalkan Balasan