banner

Bea Cukai Semarang mendukung kegiatan Kemenkeu Mengajar 4

(Semarang, 4/11)– Di tahun ke-4 penyelenggaraan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar bertempat di 5 lokasi. Salah satu lokasi penyelenggaraan Kemenkeu Mengajar  adalah SD Negeri Lamper Kidul 2 Semarang dimana Iwan Hermawan (Kepala KPPBC TMP A Semarang), Florentina Yunita Sri Buana (Kepala Seksi KPTP Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta) dan beberapa relawan lainnya turut andil dalam kegiatan tersebut . Beberapa pegawai Bea Cukai Semarang juga turut andil dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar baik sebagai panitia maupun pengajar di lokasi lainnya.

Florentina menjelaskan mengenai tugas-tugas Kemenkeu salah satunya di sektor pendidikan dengan analogi Kemenkeu sebagai bendahara kelas agar mudah dipahami oleh siswa-siswi.


“Negara kita ini sama halnya dengan struktur organisasi di kelas, presiden adalah ketua kelas kita, dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh bendahara, Kementerian Keuangan adalah Bendahara di Negara kita ini, tugasnya adalah mengelola keuangan, dalam menjalankan tugasnya Menteri Keuangan dibantu oleh Direktorat Direktorat, diantaranya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Direktorat Jenderal Pajak tugasnya adalah memungut pajak atau bisa diibaratkan iuran yang ditarik oleh bendahara kelas kalian ini,” jelas Florentina Yunita Sri Buana.


Kemenkeu Mengajar adalah kegiatan mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar (SD) secara sukarela dari para pegawai Kemenkeu. Para relawan mengajarkan peran Kemenkeu dalam menjaga ekonomi dan memperkenalkan profesi yang ada di Kemenkeu. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan profesi yang ada di Kemenkeu.


kemudian siswa diajak bermain peran (role play) mengenai bagaimana pekerjaan bea cukai dalam kesehariannya.


“Petugas Bea Cukai bisa diibaratkan sebagai tuan rumah yang tidak bisa sembarang mempersilahkan orang masuk ke dalam rumah, karena dikhawatirkan membawa barang yang berbahaya bagi rumah kita ini Negara Indonesia, kemudian pajak, kalian sering kan belanja di alfamart, indomaret, itu kalian bayar pajak juga disana nah pajak itu buat bayar biaya sekolah kalian ini jadi kalian bisa belajar di tempat yang nyaman ini” jelas Iwan Hermawan.


Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan unit unit kerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mulai dari Customs Tactical Unit (CTU), Customs Narcotic Team (CNT), Pemeriksa Barang dan lainnya juga dihadirkan Unit K-9 dari Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta yang mensimulasikan cara kerja anjing pelacak melacak barang barang terlarang seperti narkoba, kegiatan berlangsung sangat meriah siswa siswi sangat berantusias menyaksikan anjing pelacak yang hadir.


Dari kegiatan Kemenkeu Mengajar ini siswa-siswi dapat mengenal tugas dan fungsi Kementerian Keuangan sejak dini dengan harapan mendidik generasi sadar pajak, bahkan bisa ingatkan orang tuanya untuk sadar pajak.


Bea Cukai Makin Baik


Bea Cukai Semarang, Lebih Fokus Lebih Baik

 

Tinggalkan Balasan