header

Peringati Hari Pabean Internasional, Bea Cukai Semarang Ikuti Apel Luar Biasa Gabungan

Semarang (29/01) – Jajaran pejabat dan pegawai Kantor Wilayah DJBC Jateng dan D.I. Yogyakarta, Bea Cukai Semarang dan Bea Cukai Tanjung Emas mengikuti Apel Luar Biasa Gabungan dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional ke-67 pada hari Selasa, 29 Januari 2019 di Aula Lantai 4 Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.

Menjadi pejabat pengambil apel, Juli Tri Kisworini selaku Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Jateng & D.I. Yogyakarta membacakan amanat Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Membuka amanatnya, disampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas semua capaian kinerja DJBC tahun 2018 serta tantangan tahun 2019 yang harus dihadapi baik itu di bidang penerimaan, pelayanan, pengawasan dan citra institusi.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Pabean Internasional tahun 2019 adalah Smart Borders for Seamless Trade, Travel, and Trasnsport. Sejalan dengan tema tersebut, seluruh administrasi kepabeanan di dunia termasuk DJBC di lintas batas harus menjadi pusat penghubung dan pusat koordinasi sebagai fasilitasi perdagangan dan perjalanan, serta bagaimana mengurangi ancaman yang melekat pada arus barang, orang, dan alat transportasi lintas batas.

Arah DJBC untuk menjadi SMART Customs yakni mengimplementasi dan mengembangkan teknologi informasi ke dalam manajemen administrasi, pelayanan, fasilitasi, prosedur pelayanan dan pengawasan dengan prinsip Secure, Measurable, Autonated, Risk-Management based, dan Technology driven. Menjawab tantangan globalisasi dan revolusi industri, DJBC harus proaktif dan konstruktif dengan tidak sekedar mengelektronikkan kebijakan yang ada, akan tetapi DJBC terus berupaya mengembangkan sistem informasinya dengan berorientasi pada efisiensi proses bisnisnya, melihat kebutuhan seluruh stakeholder sebagai konsumen dari segala multi dimensi, menciptakan potensi partisipasi/ kolaborasi, kreasi pengembangan bisnis baru, serta berkomunitas.

Dalam upaya menggapai cita-cita tertinggi DJBC menjadi institusi kepabeanan dan cukai yang terkemuka di dunia, penggunaan teknologi informasi menuju SMART Customs sebagai salah jawaban. Di lintas batas, DJBC harus menjadi pusat penghubung dan pusat koordinasi untuk memastikan perdagangan dan lalu lintas orang/barang/alat transportasi menjadi lancar, legal, terfasilitasi dan aman.

Selamat hari Pabean Internasional yang ke-67, Smart Borders for Seamless Trade, Travel, and Transport.

Bea Cukai, Makin Baik.

Bea Cukai Semarang, Lebih Fokus Lebih Baik.

Tinggalkan Balasan