Profil Kantor

KPPBC TIPE MADYA PABEAN A SEMARANG

 

MESKIPUN IBARAT BAYI BARU LAHIR
NAMUN SIAP BERLARI UNTUK MEWUJUDKAN “LEBIH FOKUS LEBIH BAIK”

BC SEMAR

          Semarang, Jawa Tengah, kota yang berada di pesisir utara Pulau Jawa, menjadi pusat pemerintahan, perdagangan dan industri di Jawa Tengah, dan merupakan salah satu pintu gerbang keluar masuknya barang-barang dari dan keluar negeri melalui Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandar Udara Ahmad Yani.

         Pada awalnya seluruh kegiatan kepabeanan dan cukai berada di bawah pengawasan KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Emas. Seiring dengan berjalannya waktu dan juga keinginan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih fokus dan lebih baik kepada para pengguna jasa, maka dibentuklah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang yang merupakan split off dari KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Emas, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bea Cukai Nomor 71/BC/2015 tentang Pembentukan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang.

Peresmian KPPBC TMP A Semarang oleh Kakanwil DJBC Jateng dan DIY

Peresmian KPPBC TMP A Semarang oleh Kakanwil DJBC Jateng dan DIY

         Pada tanggal 01 Juli 2015 bertempat di Auditorium Sabang Gedung Sumatera Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, secara serentak dilaksanakan peresmian 6 (enam) instansi vertikal baru di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai oleh Heru Pambudi selaku Direktur Jenderal Bea dan Cukai, termasuk salah satunya KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang. Kemudian tanggal 03 Juli 2015 bertempat di Lobby Lt.1 Gedung Kanwil DJBC Jateng dan DIY dilaksanakan peresmian KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang oleh Untung Basuki selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Jateng dan DIY yang dihadiri oleh stake holders dan instansi terkait di lingkungan Kanwil DJBC Jateng dan DIY.

Penyerahan Berita Acara Serah Terima (BAST) dari Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas kepada Plt. Kepala KPPBC TMP A Semarang

Penyerahan Berita Acara Serah Terima (BAST) dari Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas kepada Plt. Kepala KPPBC TMP A Semarang

        Wilayah pengawasan KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kendal, Kota Madya Salatiga dan Kota Madya Semarang, dan menangani seluruh kegiatan Tempat Penimbunan Berikat dan Cukai, yang terdiri dari 110 Kawasan Berikat , 2 Gudang Berikat, 24 Pabrik Hasil Tembakau dan 7 Pabrik Minuman Mengandung Etil Alkohol.

          Struktur organisasi KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang terdiri dari Kepala Kantor, Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Kepala Seksi Perbendaharaan, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (8), Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dan Kepala Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen, yang didukung oleh beberapa orang Kepala Urusan, Kepala Sub Seksi dan pegawai pelaksana dengan total jumlah pegawai 172 orang.

Pemberian souvenir kepada pengguna jasa pertama yang dilayani KPPBC TMP A Semarang

Pemberian souvenir kepada pengguna jasa pertama yang dilayani KPPBC TMP A Semarang

         Guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi serta memperlancar pengawasan dan pelayanan kepada masyarakat, KPPBC Tipe Madya Pabean A semarang didukung oleh sarana dan prasarana antara lain gedung utama kantor yang dilengkapi dengan ruang pelayanan beserta ruang tunggu yang nyaman, ruang layanan informasi, ruang rapat, control room, mushola, toilet serta ruang untuk seluruh pegawai beserta prasarana lainnya.

         Akhirnya dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohiim, kami keluarga besar KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh masyarakat khususnya pengguna jasa dengan komitmen “LEBIH FOKUS LEBIH BAIK”.