template banner

Training of Trainer bagi Pegawai Bea Cukai Semarang

Semarang (07/10) – Masih dalam rangka bulan pembinaan dan penegakan IT Inventory di kawasan berikat, Bea Cukai Semarang menunjuk beberapa pelaksana pemeriksa dan Kasubsi Hanggar yang mengawasi kawasan berikat untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) terkait kategori IT Inventory yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 4 Kantor Bea Cukai Semarang.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Semarang yang berpesan agar ditingkatkannya pembinaan dan penegakan IT Inventory di Kawasan Berikat mengingat semakin sedikitnya waktu yang tersisa bagi kawasan berikat untuk mendayagunakan IT Inventory yang digunakan sebelum nantinya dilakukan pembekuan fasilitas kepabeanan. Pemateri dalam acara ToT kali ini adalah Kristanto yang menjelaskan bagaimana cara memeriksa kategori IT Inventory kawasan berikat. Peserta membawa contoh dokumen kepabeanan dan dilakukan pemeriksaan apakah sudah dimasukkan ke dalam system akuntansi maupun dalam system persediaan perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat. Sistem akuntasi yang diperiksa dari mulai transaksi hingga nanti terbitnya laporan laba rugi perusahaan. Jumlah barang yang dimasukkan saat pembuatan dokumen perusahaan diperiksa dalam system IT Inventory, apakah sudah sesuai dengan jumlah saldo riil yang ada dalam gudang penyimpanan. Pemateri juga berpesan agar pemeriksa senantiasa bekerja dengan berdasar pada peraturan. Berpedoman pada peraturan yang terkait dengan kawasan berikat maka pemeriksa dapat memberikan pengawasan dan pelayanan kepada kawasan berikat dengan maksimal.

Diadakannya kegiatan ToT pada Kantor Bea Cukai Semarang ini diharapkan peserta mampu menganalisa dan mengevaluasi kategori IT Inventory pada masing – masing Kawasan Berikat yang diawasi serta dapat menyelesaikan permasalahan dan kendala terkait IT Inventory dalam rangka pembinaan dan penegakan IT Inventory.

Tinggalkan Balasan