BEA CUKAI SEMARANG KEMBALI BERHASIL MENGAMANKAN 1 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL YANG DISAMARKAN DENGAN KANDANG KELINCI

Semarang (28/2) – Dalam waktu kurang dari seminggu, Bea Cukai Semarang kembali berhasil mengamankan paket kiriman berupa rokok Ilegal yang diangkut oleh Truk Barang merk Mitsubishi type Colt Diesel. Truk tersebut berhasil diamankan di Jalan Tol Semarang-Batang KM 416 s.d KM 417, Tambak Aji, Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 86 karton rokok ilegal dari berbagai merk berhasil diamankan.

Berawal dari informasi intelijen yang diterima oleh seksi Penindakan dan Penyidikan pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2021, kemudian dilanjutkan dengan patroli darat dari Tol Salatiga sampai dengan Tol Semarang. Pada saat patroli berlangsung ditemui Sarana Pengangkut dengan ciri-ciri yang sesuai dengan informasi.  Sekitar pukul 01.30 WIB tanggal 28 Februari 2021 tim yang sedang melakukan patroli langsung melakukan pengejaran dan menghentikan sarana pengangkut tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan muatan Truk Barang yang disaksikan oleh supir Truk berinisial A dan D, didapati bermuatan mainan, kandang kelinci, dan rokok ilegal. Mainan dan kandang kelinci digunakan untuk kamuflase menutupi rokok ilegal. Dari hasil pemeriksaan diperoleh 1.330.000 batang rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang dikemas tanpa pita cukai dengan merk SOERYA PUTRA FILTER, L300, dan HAMMER.

Kepala KPPBC TMP A Semarang, Sucipto menyampaikan apresiasi kepada tim yang berdedikasi dan tetap semangat walaupun hari libur. Penindakan ini adalah bukti nyata Bea Cukai Semarang dalam upaya menggempur rokok illegal. Terhadap kegiatan tersebut diduga melanggar Pasal 54 dan/atau Pasal 56 Undang Undang nomor 11 Tahun 1995 jo Undang Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Potensi kerugian negara yang berhasil diamankan mencapai Rp 768.075.000,00 yang terdiri dari Cukai dan Pajak Rokok. Sarana pengangkut beserta barang hasil penindakan dibawa ke Kantor Bea Cukai Semarang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh unit Penyidikan.

Tinggalkan Balasan