DUKUNG PENUH PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL,BEA CUKAI SEMARANG TERUS ASISTENSI KBM

Semarang (14/01) – Seiring perkembangan teknologi dan informasi, pemerintah terus memberikan kemudahan bagi pengusaha salah satunya fasilitas Kawasan Berikat Mandiri (KBM).Melalui fasilitas KBM para pengusaha dapat melakukan tertib administrasi secara mandiri. Dengan hal ini maka diharapkan dapat meminimalisir waktu yang terbuang saat proses pemasukan dan pengeluaran barang.


Bertempat di aula Lt.4 Gedung KPPBC TMP A Semarang, dilaksanakan FGD Kawasan Berikat Mandiri bersama pengusaha yang telah mendapatkan fasilitas KBM. Acara dimulai sekira pukul 14.00 dengan sambutan dan presentasi dari Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Sucipto. Beliau menyampaikan bahwa fasilitas KBM yang diberikan pemerintah ini merupakan wujud nyata bahwa pemerintah terus mendukung dan senantiasa memberikan kemudahan kepada pengusaha. Mendapatkan fasilitas KBM harus memenuhi beberapa persyaratan yang salah satunya adalah pemutakhiran data IT Inventory secara baik dan pemasangan CCTV. Apabila hal ini dapat dipenuhi maka diharapkan persyaratan yang lain dapat dipenuhi pula dengan mudah.


Pengusaha KBM yang hadir sangat antusias mendengarkan paparan dari Kepala Kantor Bea Cukai Semarang. Beberapa pertanyaan terlontar dari perwakilan perusahaan KBM salah satunya adalah terkait jalur merah metode random check. Mereka berharap jalur merah dapat dihilangkan agar arus barang menjadi lebih cepat. Sucipto menanggapi, bahwa jalur merah tetap harus ada sebagai kontrol dalam pelaksanaan pengawasan kepabeanan walaupun dengan presentase yang kecil.


Apresiasi juga disampaikan oleh para pengusaha KBM karena dengan adanya fasilitas ini mereka merasakan bahwa arus barang menjadi lebih cepat dan efisien. Besar harapan Kepala Kantor Bea Cukai Semarang agar para pengusaha yang belum mendapatkan fasilitas KBM segera melengkapi persyaratan agar dapat mendapatkan kemudahan yang diberikan pemerintah.

 

Tinggalkan Balasan